Kelas Smart Blogging by kudo (Part 1)

Bermula dari hari rabu (29/10) iseng-iseng bertanya ke teman-teman satu genk tentang kegiatan  mereka hari sabtu (tujuannya pengen ngajakin hangout bareng sebenernya 😁😁) dan ternyata salah satu teman saya saso share tentang acara yg diadakan oleh kudo, salah satu perusahaan teknologi yg bergerak di bidang online dengan tema smart blogging. Kebetulan saya lagi pengen belajar nulis yang baik benar dan belajar SEO enggak menyianyiakan kesempatan untuk join udh gitu gratis pula ! . singkat cerita akhirnya jadi saya dan saso aja yang ikut ke acara tersebut ( yang lain ada acara sendiri’ 😥).

Waktu itu saya datang kepagian karena acara dimulai pada pukul 10.00 saya datang jam 09.30 😁, dan langsung disambut ramah oleh mbak eka salah pegawai kudo. Dan akhirnya tiba di acara class nya pertama kali saya diberi pengarahan tentang perusahaan kudo itu sendiri, apa itu kudo, bagaimana cara menjadi agen kudo, Berwirausaha di kudo melalui Online serta berbagai manfaat yang diberikan bergabung menjadi salah satu agen kudo itu sendiri. Untuk kalian yang tertarik menjadi wirausaha dengan modal yang kecil, Kudo merupakan pilihan tepat untuk memulai nya, karena kamu bisa mulai berjualan hanya dengan modal minimal 10 ribu doank !.  Untuk lebih lengkapnya kepoin websitenya langsung aja yah di https://kudo.co.id/ atau bisa download juga applikasinya di playstore .

Nah balik lagi ke kisah smart blogging, pada sesi kedua di mulai lah sesi perkenalan blogging itu sendiri yang di pandu oleh mbak memez selaku mentor, by the way mbak memez sendiri selain salah satu produser di salah satu media massa  beliau juga seorang blogger , dan dia pun sembari bercerita profesi sambilan nya itu (blogger) dia selain dapat ilmu dan pengalaman tapi, dapat menghasilkan uang juga,, hmm saya pun penasaran bagaimana cara menghasilkan uang padahal cuma pasang tulisan aja di web.

Pada sesi pertama mbak memez menjelaskan Dasar-Dasar Jurnalisme dalam penerapannya dalam sosial media. Bahwa sesungguhnya sosial media itu merupakan salah satu bagian dari jurnalisme , sebagai contoh adalah citizen journalisme dimana masyarakat awam (bukan reporter) bisa men share berita ke sosial media nya baik itu twitter, facebook, path dan instagram tentang sesuatu yang terjadi di dekat mereka contohnya banjir, macet , kecelakaan dan sebagainya.

kemudian mbak memez juga men share bahwasanya nilai berita dalam menulis berita itu harus ada sesuatu yang unik,sesuatu yang luar biasa,sesuatu yang langka,sesuatu yang dialami/dilakukan/menimpa orang (tokoh) penting,menyangkut keinginan publik, yang tersembunyi,sesuatu yang sulit untuk dimasuki,sesuatu yang belum banyak/umum diketahui, pemikiran dari tokoh penting,komentar/ucapan dari tokoh penting,kelakuan/kehidupan tokoh penting, dan hal lain yang luar biasa.

Dan tiba waktunya istirahat , kita di acara juga mendapat kan makan siang lho …
dan makanan siang nya di sponsori oleh berry kitchen , dimana makanannya terdiri nasi, sosis, daging kecap yum :9 , selain itu juga kita sambil ngobrol-ngobrol dengan peserta lain juga.

Sesudah istirahat dan sholat , kemudian kita lanjut lagi ke sesi kedua yaitu Blog sebagai Citizen Journalisme, nah kalau sesi pertama tadi kita sudah membahas tentang dasar-dasar jurnalisme di sosial media sekarang mulai deh membahas blog nya, disini mbak memez menjelaskan kenapa kita harus membuat blog, prinsip jurnalisme dalam blog , keuntungan menjadi blogger , bagaimana menjadi blogger professional dan menambah traffic di blog.

salah satu yang menarik perhatian saya adalah keuntungan menjadi blogger disini mbak memez menjelaskan bahwasanya keuntungan menjadi blogger itu:

1.Siapapun Bisa Menjadi Blogger

2.Bebas menerima pekerjaan

3.Penghasilan tidak terbatas

4.Waktu dan tempat kerja yang fleksibel

mbak memez sempat bercerita bahwa ada temannya ibu rumah tangga sekaligus blogger, pendapatannya setara dengan orang-orang yang ngantor padahal dia cuma nulis-nulis sambil ngurusin anak dan suami !. Terbukti blogger itu bisa kerja dimana saja dengan waktu yang  fleksibel, eits tapi untuk menjadi blogger yang professional  yang penghasilannya bisa setara dengan orang yang ngantor atau lebih itu juga ada tips nya, berikut ini mbak memez kasih tips nya nih:

1.Rome wasn’t built in a day. Begitu juga blog.

2.Tetapkan karakter blog.

Jenis blog populer : teknologi, Internet, kesehatan dan kecantikan.

3.Usahakan nama blog menarik, unik dan sama dengan akun social media.

4.Konsisten dalam penggunaan kata.

5.Patuh pada deadline.

6.Bergabung dengan komunitas untuk menambah jaringan dan pengetahuan

Nah, mbak memez juga kasih tips lho buat blog kita agar banyak dikunjungin oleh pembaca dunia maya (menambah traffic blog) yaitu

1. Gunakan judul yang menarik

2.Share postingan di social medi

3.Blog walking : share tulisan di facebook maupun media online lain.

4. Beriklan di facebook, twitter dan Instagram.

Demikian hasil sharing saya untuk kelas kudo part 1 , kenapa part 1 karena kelas smart blogging ini bisa diselenggarakan sampai 10 Desember 2016 (yeey !) , nanti saya share lagi tentang mengenai apa yang dibahas dikelas ini dan keseruannya. \^^/.whatsapp-image-2016-10-28-at-09-21-39

buat temen-temen yang mau join juga silahkan email ke eka@kudo.co.id

Advertisements

One thought on “Kelas Smart Blogging by kudo (Part 1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s